Minggu, 05 Agustus 2018

MENGOLAH MOOD DI PAGI HARI

Sumber Gambr: Deviantart
Terdapat sebuah penemuan menyatakan, suasana sehari semalam ditentukan oleh suasana seseorang di pagi hari.

Ketika mood seseorang mulai shubuh sampai pukul 10 pagi baik, maka besar kemungkinan akan baik pula mood itu sampai menjelang tidurnya. Hal itu berlaku juga sebaliknya.

Pada kenyataannya, Kondisi hati seseorang selalu berubah-ubah. Reaksi dari lingkungan terhadap suasana hati sangatlah kuat ketika kita tidak bisa menguasainya.

Dari gambaran tersebut, maka perlu untuk menata mood di pagi hari dengan beberapa aktivitas yang mempunyai daya efek luar biasa.

#Bangun sebelum shubuh
Rutinkan untuk bangun lebih awal minimal tiga jam sebelum bekerja, maka akan tercipta banyak ide dan daya kreatif yang tinggi.

Selain itu, jelang shubuh juga dapat dimanfaatkan untuk mengawali hari dengan aktivitas spiritual seperti shalat tahajud, witir, shalat fajar, membaca dalail dan sebagainya.

#Banyak minum air putih
Setelah semalaman tubuh tanpa asupan air, minum banyak air putih setelah bangun diperlukan untuk menghindari dehidrasi.

Kebiasaan itu sangat bagus dilakukan untuk kesehatan. Sediakan sebotol air putih di samping tempat tidur untuk diminum saat bangun sebelum melakukan apa-apa. Setelah itu diamlah sejenak kurang lebih lima menit. Biarkan air itu membasahi jantung, paru-paru dan organ-organ dalam lainnya.

#Shalat shubuh berjamaah
Mengawali hari dengan shalat shubuh berjamaah merupakan hal luar biasa. Hal itu menandakan sebelum mengerjakan hal-hal yang bersifat duniawi, terlebih dahulu mengutamakan ibadah yang bersifat ukhrawi.

Jamaah shalat shubuh menjadi semakin istimewa jika sebelumnya telah dilakukan jamaah shalat Isya', nilainya sama dengan ibadah sunnah semalam suntuk, dapat dibayangkan betapa beratnya melakukan itu.

#Membaca al Quran
Mengawali kerja mata dengan melihat rangkaian firman-firman Allah Swt. adalah langkah yang tepat.

Selain sebagai wujud rasa syukur karena masih diberikan kesempatan menikmati hari berikutnya, membaca al Qur'an juga dapat digunakan sebagai terapi penjernih mata.

Al Ghazali pernah berkata, mata dapat dijernihkan dengan banyak melihat hijau-hijauan, air mengalir dan juga ayat al Qur'an.

#Mengkonsep ide pekerjaan
Saat-saat tenang adalah di waktu pagi, selain masih fresh, pikiran juga masih jernih untuk menjaring ide-ide brilian.

Menggagas ide di pinggir jendela dengan melihat hijau dan rindangnya perkebunan serta iringan kicauan burung biasa penulis lakukan. Bahkan ide-ide gila banyak yang keluar saat (maaf) b-a-b. Banyak kegiatan-kegiatan besar dan sukses penulis yang berasal dari sana (hehe). Hal itu menunjukkan betapa bagusnya waktu pagi hari.

#Olah raga
Olah raga tidak hanya baik untuk kesehatan, namun juga berfungsi untuk menyeimbangkan antara jasmani dan rahani.

Hati, pikiran, akal akan bekerja maksimal di atas raga yang sehat dan andal. Itu diperoleh dengan rutin melakukan olah raga.

Olah raga tidak harus dilakukan dengan hal-hal yang berat atau bahkan masuk tempat fitnes atau nge- gym. Gerakan ringan seperti jogging, jalan kaki, bersih-bersih rumah juga termasuk kategori olah raga, yang terpenting dilakukan secara rutin.

Aktivitas lain seperti mengasuh anak, sarapan sebelum berangkat bekerja, shalat dhuha dan aneka aktivitas positif lainnya juga dapat dilakukan untuk mengubah mood kita di pagi hari untuk menyongsong hari yang cerah berikutnya.

@myh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar