Selasa, 21 Maret 2023

ANTRIAN PRODUKTIF

Saat melakukan transaksi di suatu bank, tidak biasanya menunggu antrian yang cukup lama seperti siang itu, masuk pukul 11:00 dan keluar dari bank pukul 13:40, hampir 3 jam transaksi dilakukan meski telah konfirmasi sebelumnya. 

Sebenarnya bisa dimaklumi, karena selain berangkatnya memang agak siang, saya baru ingat kalau saat itu adalah hari Senin, artinya pelayanan akan sedikit padat karena pelayanan usai tutup dua hari. sehingga antrian panjang pun tidak bisa dielakkan. 

Hari itu memang tidak seperti biasanya, agak rame dan antrian pun mengular panjang, beberapa customer juga terlihat menggerutu bahkan ada yang membatalkan transaksi meski telah ikut antri cukup lama. 

Ya, dalam antrian, ada pelajaran berharga yang bisa dipetik, yaitu kesabaran. Sabar untuk menunggu giliran tiba, sabar dalam mengambil tanggungjawab, dan sabar untuk menerima resiko. 

Jika ingin durasi antrian dekat, maka harus disikapi sejak awal, bisa datang lebih pagi, atau datang di jam-jam sepi, pilihan itu sepenuhnya ada pada kita sebagai pelaku. 

Atau jika memang terpaksa terjebak dalam antrian panjang, kita juga bisa memanfaatkan "masa menunggu" tersebut dengan hal-hal yang produktif seperti baca e-book, nonton video inspiratif, baca berita online, atau bahkan nambah skill melalui gawai kita. 

Dengan melakukan hal-hal di atas, dipastikan masa antrian yang menghabiskan waktu tidak berasa menjemukan dan berubah menjadi kesempatan yang lebih produktif dan positif. 

Sebagai konsumen yang bijak, kita harus menyadari akan resiko dari antrian ini, pihak pelayanan jasa pasti sudah menghitung betul estimasi waktu transaksinya, toh aktivitas para petugas juga tidak sedang santai-santai saja, itu berarti proses transaksinya memang membutuhkan waktu agak lebih. 

Saya bisa mengambil pelajaran dari hal tersebut saat berada di posisi yang sama, yaitu pelayanan jasa, pastikan agar konsumen tidak menunggu terlalu lama dengan mengukur transaksinya.

Dalam transaksi harus benar-benar dipertimbangkan efektivitas dan efisiensi aktivitas operasionalnya agar berdampak pada daftar tunggu tidak terlalu lama, karena semua tahu, pekerjaan yang paling membosankan adalah menunggu. 

Mari bersikap bijak dalam mengantri karena alih-alih menjadi aktivitas membuang-buang waktu malah menjadi kegiatan produktif yang bermanfaat untuk kita.