Sudah
sewajarnya kamu sebagai karyawan kantor dituntut untuk bekerja optimal sesuai
dengan deadline yang telah ditentukan oleh atasan, dengan beragam
aktifitas yang mengejar tersebut, kadang semangat kamu menjadi naik turun,
kadang muncul semangat 45 dan tak jarang pula semangat kamu berada di pangkal
nadi alias down. Untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan yang
menumpuk kamu harus pandai menata segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan
kamu, target, deadline, klien, sosial, waktu, lokasi, dan bahkan tata ruang
serta meja tempat kamu bekerja harus didesain sedemikian rupa untuk mendukung
kinerja sehari-hari, Nah untuk mendukung hal tersebut, terdapat beberapa benda
yang terlihat sepele namun memiliki daya pompa semangat yang sangat kuat, yuk kita
dalami bersama;
1. Jam
Sebagai karyawan, tentu kamu harus pandai mangatur jadwal,
atau istilah ngetren-nya adalah menajemen waktu, waktu yang singkat
harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas yang telah
dibebankan kepada kamu, hal itu bisa dikontrol dengan memasang jam analog di meja
kerja kamu, sehingga kamu dapat mengatur segala aktifitas bahkan yang detail
sekalipun, jadi tidak akan dijumpai istilah lupa makan, lewat target atau expiyet,
semua terselesaikan sesuai dengan jam kerja yang telah ditetapkan.
2. Kalender
Seorang karyawan bekerja setiap hari dalam satu minggu kecuali
pada saat hari libur, maka untuk meningkatkan prestasi kamu adalah dengan meyelesaiakan
target yang bersifat harian atau berjangka menengah dan panjang, tanpa penjadwalan
dan penataan yang jelas dan rinci, sebuah kegagalan dan kekacauan dalam
melakukan eksekusi pekerjaan bakal menjadi sebuah keniscayaan. Untuk itu
diperlukan sebuah kalender yang akan berfungsi sebagai pengontrol kamu dalam
melakukan action dari rencana-rencana pekerjaan yang telah ditargetkan, melihat
fungsi yang demikian, kalender menjadi salah satu barang kecil nan bermakna
yang harus terpampang di meja kerja kamu.
2. Box file
Pada dasarnya kerja seorang karyawan administrasi adalah berkaitan
erat dengan arsiparis, dan penyimpanan dokumen-dokumen penting harus
benar-benar tersimpan rapi dan ditempatkan tersendiri sehingga saat kita membutuhkan
dikemudian hari dapat dilacak keberadaannya dengan cepat dan mudah, akan tetapi
tidak semua dokumen harus berjauhan dengan kamu, file-file yang bersifat harian
dan bukan arsip mati, harus diposisikan pada area yang berdekatan dengan kamu guna
mengatur efektifitas pemakaian, langkah dengan memberikan box file sangat perlu
dilakukan, selain menunjang kerapian meja kerja kamu, saat membutuhkan dokumen
tersebut tinggal ambil didepanmu tanpa meninggalkan meja kerja yang akan dapat
mengganggu konsentrasi kerjamu.
3. Buku referensi
Dalam menyelesaikan tugas sehari-hari terkadang seorang
karyawan kurang menguasai suatu tugas atau berkaitan dengan hal-hal baru yang
belum pernah dikerjakan sebelumnya, maka dirasa perlu untuk meletakkan beberapa
buku referensi yang berkaitan dengan pekerjaan bagianmu, untuk mengasah kemampuan
dan keprofesionalan kerja kamu, dengan banyaknya menggali sumber informasi
terkait dengan tugas-tugasmu, proyek dari atasanpun dapat terselesaikan dengan
benar dan tepat waktu.
4. Memo
Keberadaan memo sangatlah penting untuk kamu para karyawan
yang selalu dituntut untuk cepat. Terlalu sibuknya pimpinan atau mitra kerja
lain kadang membuat kamu jarang bertemu ditempat kerja sekalipun, maka disitulah
letak urgensinya sebuah memo, pesan-pesan singkat yang bernilai penting dan
harus segera untuk diselesaikan tak akan terlewati karena kamu telah diingatkan
oleh memo didepanmu, selain untuk menyimpan pesan-pesan penting, memo juga bisa
difungsikan sebagai agenda yang diisi dengan beragam target yang harus dieksekusi,
jadi ia akan selalu mengingatkan kamu tentang pekerjaan kamu.
4. Kotak pensil
Pekerjaan kantor memang tidak terlepas dari beragam alat tulis,
apalagi seorang karyawan administrasi atau seorang sekretaris, pensil dan alat
tulis lain merupakan instrumen wajib yang harus ada selalu, kebutuhan yang
mendesak kadang menjadi semerawut dengan satu insiden pencarian pensil, waktu yang
mahal akan terbuang dan tenaga berharga akan terkuras hanya untuk mencarinya, untuk
mencegah hal demikan terjadi, perlu ada solusi untuk menyikapi hal itu yaitu
dengan menaruh kotak pensil di depan meja, sehingga kala kamu membutuhkan di
waktu-waktu darurat, segera dapat terambil tanpa membuang waktu secara sia-sia,
selain itu penampilan meja juga akan terlihat rapi dan fungsional.
5. Tanaman hias
tugas yang menumpuk kadang membuat kamu menjadi bosan untuk
bekerja, semangat munurun, fisik melemah dan fikiran menjadi beku, untuk
mengaktifkan kembali semangat tersebut, kamu bisa manaruh beberapa tanaman hias
di meja kerja kamu, selain untuk menyegarkan mata, polusi yang ada disekitar kamu
juga bisa terserap dengan adanya tanaman tersebut, selain itu penampilan meja
juga semakin terlihan green dan fresh.
6. Foto
Sikap pekerja keras, banting tulang, dan semangat menggebu merupakan
dedikasi kamu untuk keluarga, seolah rasa lelah tiada terasa kala bayangan anak
istri bergelayut di angan-anganmu, namun jangan biarkan bayangan mereka
mengganggu konsentrasi kamu dalam bekerja, taruh bingkai foto keluarga kecil kamu
atau orang-orang terkasihmu tepat di meja kerjamu, sehingga semangat akan tetap
terpelihara mengiringi kesibukan kamu bekerja, dan prestasipun akan tampak
semakin nyata.
7. Botol Minuman
Pekerjaan kantor adalah satu diantara banyak pekerjaan yang
aktifitas terbanyaknya adalah duduk, seorang karyawan harus benar-benar pandai
menjaga kesehatan agar tidak terserang sakit yang akan berakibat pada
terganggunya pekerjaan, berkaitan dengan kerapnya karyawan duduk ditempat
kerjanya mengakibatkan rentan terserang penyakit ginjal, ambeien, sakit
pinggang dan bahkan porstat serta beragam penyakit sejenis yang diakibatkan
terlalu banyak duduk, menghindari hal itu yang harus dilakukan adalah dengan
banyak minum, tapi terkadang kesibukan yang mendera menjadikan seorang karyawan
lupa untuk memperbanyak air minum, apalagi jarak antara ruang kerja dengan
patri cukup jauh, bakalan jarang untuk menuju kesana, nah, taruhlah botol
minuman di depanmu agar mudah terjangkau dan tidak perlu memakan banyak waktu
kalau kita ingin meraihnya.
8. Kotak makanan kecil
Kala jadwal tugas dari atasan menumpuk dan semangat tidak bisa
diajak kompromi atau malas bergelayut menjadikan rasa kantuk yang
berkepanjangan, saat inilah kamu perlu untuk nyemil sedikit makanan ringan
seperti permen, keripik, kacang dan makanan kecil lainnya, kendati demikian
harus pandai menjaga kebersihan, jangan sampai minyak dari makanan tersebut
berceceran hingga mengenai kertas-kertas disekiar meja kerja, tapi ingat …
hanya seperlunya saja saat rasa kantuk dan malas mulai mendera, kalau ngemilnya
terlalu banyak maka akan berubah fungsi dan tidak berposisi sebagai pemompa
semangat lagi.
Gimana .. ??? mudah bukan untuk
memompa semangat kerja kamu, tak perlu mengeluarkan modal banyak kok untuk
melengkapi meja kerja kamu dengan aneka benda mungil nan bermakna tadi, semangat
bekerja.