Minggu, 28 Januari 2018

Resepsionis Imajiner Madrasah Darussalam




Resepsionis adalah orang yang bertugas sebagai penerima tamu di suatu perusahaan, hotel, atau kantor, biasanya ditempatkan dibagian depan kantor dengan tujuan agar tamu yang datang mudah untuk diketahui dan tidak menunggu terlalu lama (menjaga kenyamanan tamu). Hal itu cukup penting untuk diperhatikan mengingat hal yang diingat oleh tamu adalah pelayanan pertama pada mereka yang secara tidak langsung berarti menjaga citra Madrasah.

Diantara tugas yang dapat dibebankan kepadanya adalah:
1.   Menerima dan menghubungkan telepon dan i-phone yang masuk kepada pihak yang dituju dan menghubungi nomor telepon dan kode i-phone yang ingin dituju atas permintaan-permintaan pihak terkait.
     Jadi tempat telephon dan i-phone yang sekarang tempatnya nggak jelas dan kurang representative (di atas kursi siswa berukuran kecil) bisa diletakkan di meja resepsionis sekaligus tanggungjawabnya.
2.  Menerima kedatangan tamu-tamu dengan ramah dan sikap yang professional.
     Hal ini dimaksud untuk meminimalisir tamu terlantar dengan memegang prinsip pelayanan cepat dan sistematis, juga untuk menghindari tamu yang dilempar ke sana-sini. Apalagi saat ini penerima tamu merangkap juga dengan pengontrolan kelas-kelas, mengkondisikan area jaganya dan tugas-tugas tak terduga lainnya.
     Ia juga akan bertanggungjawab pada keberadaan buku tamu yang hari-hari kini tergeletak di meja tamu kantor dengan bentuk yang kurang terawat dan sedikit kusam. Bahkan jika perlu, daftar buku tamu bisa langsung dimasukkan ke dalam computer khusus yang dipegang oleh sang resepsionis.
3.  Penanggungjawab ATK
Selama ini kebutuhan ATK di kantor telah dicukupi, namun untuk keperluan operasional (sirkulasi pengambilan, pengontrolan dan kewajaran pemakaian) belum ada, sehingga terkadang pemakaian alat-alat ATK berjalan tidak efektif dan efisien. Alat pemotong dan pembolong yang di ikat dengan seutas tali rafia panjang ke pilar (kurang sedap dipandang) adalah solusi para karyawan agar alat tidak lari ke mana-mana. Andai itu semua berada di meja resepsionis, penggunaan dan pemakaian dapat dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan dan penyimpanannyapun tetap rapi, tertib dan mudah untuk diambil saat dibutuhkan karena dipegang oleh petugas yang mengetahui betul keberadaannya.
4.  Pe-Sensus umum Madrasah secara berkala
Madrasah Darussalam memiliki kantor majmuk (semua tingkatan menjadi satu) sehingga tingkat kesibukannyapun terbilang besar, masing-masing tingkatan memiliki staf sendiri-sendiri dan bertugas sesuai dengan jab-fung yang mereka sandang, namun ketika ada pihak-pihak yang membutuhkan sensus Madrasah secara umum (siswa misalkan) harus menguhubungi ke tiap-tiap tingkatan yang kadang tidak dapat bertemu langsung dengan petugas dimaksud.
Untuk mengatasi hal itu sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan memasang banner statistik Madrasah secara umum (baik siswa, pendidik, tenaga kependidikan, dan karyawan) yang di update tiap bulan dan dipasang diarea public yang dapat dilihat oleh siapa saja dan kapan saja.
Semoga segera terwujud ......