Senin, 13 Agustus 2018

ANTARA PROSES DAN HASIL

Sumber Gambar: Gailsaseen.com

Proses dan hasil merupakan dua hal yang selalu bersama namun orang-orang berbeda-beda dalam memperlakukan keduanya.

Beberapa orang menganggap proses itu penting, soal hasil? tidak perlu memasang target untuk menaruh harapan padanya. Jika prosesnya baik, maka hasil pun akan mengikuti.

Beberapa yang lain lebih mengedepankan hasil, proses tidak mendapatkan perhatian di sini. Proses tak ubahnya sebuah perjalanan yang harus ditempuh tanpa perlu dipandang dan dinilai.

Dalam konteks pendidikanpun sama, kini banyak sekolah yang menentukan dengan ketat target siswa mendapatkan nilai yang ditentukan, terserah mau ambil jalan apa dan dari mana.

Ada juga sekolah yang tidak terlalu konsen terhadap hasil, namun lebih pada prosesnya. Karena dengan proses-proses yang terpola hasilnya tidak bersifat sementara tapi permanen dan nyata.

Dalam keseharian, banyak ditemui orang-orang yang menilai karya orang lain hanya dari hasilnya saja tanpa menelusuri bagaimana prosesnya. Padahal jika proses panjang itu diketahui, maka sikap apresiasi terhadap karya orang lain akan muncul kendati hasilnya belum tentu berharga dan bermanfaat buat kita.

Tidak semua tahu, Untuk menjadi secarik kertas telah melibatkan banyak sekali sumber daya manajerial, finansial, manusia, alam, sistem dan lainnya. Tapi jika ditemukan selembar kertas tergeletak, seolah tiada berharga dan dibiarkan begitu saja.

Apresiasi terhadap prestasi dan karya orang lain juga menunjukkan penghargaan terhadap lika-liku perjalanan seseorang. Jadi dengan menghormati dan menghargai karya orang lain berarti pula menghargai sebuah proses.

@myh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar