Senin, 13 Agustus 2018

MENATA HATI BERSAMA SI BUAH HATI

Sumber Gambar: keluarga

Intensitas kebersamaan seorang ayah dengan si buah hati memang tidak sepadat seorang ibu. Faktor terbesar dari hal itu adalah karena seorang ayah harus bekerja di luar rumah.

Komunikasi yang terjalinpun sangat jarang, hanya pada waktu-waktu tertentu seperti sebelum berangkat kerja, sepulang kerja atau pada saat weekend atau liburan.

Sebelum berangkat kerja, awali hari dengan bermain bersama si kecil, ajak ia jalan-jalan di sekitar komplek rumah, buat suasana santai itu menjadi wahana belajar buat dia dengan mengenalkan hal-hal baru di sekitar rumah. Jika ini kerap dilakukan, tentu akan menjadi hari yang indah buat anda dan juga buah hati anda.

Sepulang kerja jangan lupa juga sempatkan untuk menyapanya sebelum ia berangkat tidur. Buat pertemuan anda dengannya menjadi modal mimpi indahnya. Bukankan penghilang penat dan lelah sebab seharian bekerja dapat sirna seketika saat tangan si kecil melingkar di leher kita dalam pelukan? Rasanya gimana gitu ....

Kebersamaan saat weekend atau liburan tak kalah pentingnya sebagaimana pembahasan sebelumnya. Sikap manjanya, rewelnya, rengekannya, nangisnya, lucunya dan sikap ngegemesin lainnya seolah menjadi terapi pengelolaan emosi dan hati.

Dampingi ia saat nonton televisi, tunjukkan mana yang harus dicontoh dan mana yang kudu dihindari. Letakkan gawai atau gadjet anda untuk sementara dengan fokus perhatian pada si kecil.

Jawab semua yang ia tanyakan meski kadang menjengkelkan. Karena kadang bernilai remeh bagi anda namun sangat berharga bagi dia. Rasa keingintahuannya pada hal baru membuat ia terdorong untuk bertanya secara detail dan terkesan memaksa. Betul-betul menguji kesabaran.

Menyadari akan hal itu, seorang ayah harus benar-benar memanfaatkan waktu yang tak banyak itu untuk melakukan pendekatan-pendekatan berarti pada si buah hati.

Mengasuhnya dengan bermain, bercanda, berbicara, bercengkerama dan jalan-jalan seolah bukan lagi suatu kewajiban ayah ke anak, namun menjadi sebuah kebutuhan untuk merekatkan tali batin ayah dan anak.

@myh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar